menubar

Dec 17, 2010

Koran Bekas Bisa Jadi Apa ya?

Koran, kalau udah lewat sehari setelah dicetak, dapat dipastikan kalau koran itu udah basi. Dan paling-paling akan jadi bungkus gorengan. Kok sayang banget ya. Padahal untuk membuat selembar kertas, manusia udah nebang berapa ratus pohon? Dan pohon enggak bisa dicetak pakai mesin pabrik dalam hitungan detik. Pohon butuh bertahun-tahun untuk tumbuh. Dan hutan Indonesia sudah berkurang banyak. Banyak sekali. *Mengheningkan cipta sejenak untuk hutan Indonesiaku*



Pas, kemaren ada waktu aku buat sesuatu dari koran bekas dan plastik. Sekedar memanfaatkan koran bekas.

Pertama, buat persegi panjang dengan ukuran 30cm x 15cm. Lipat rapi menjadi dua sehingga bentuknya jadi persegi. Kemudian sisi bawah dan pinggir kanan aku rekatkan dengan impulse sealer made in China. Sisakan satu bagian terbuka. Kalau jaman dulu pakai lilin buat ngrekatin plastik.





Buatlah beberapa persegi. Kalau aku buat 16 buah. Biar bisa muat banyak.



Selanjutnya buat sampul atau bagian luarnya dengan kardus. Aku pakai kardus bekas bungkus roti. Kan agak tebal tuh. Buat menyerupai sampul buku tebal.



Setelah itu,bagian sampul aku bungkus dengan koran bekas. Aku memilih bagian iklan film bioskop agar sedikit menarik dan berwarna.

Masukkan lembaran-lembaran plastik yang udah dibuat tadi ke dalam sampul kardus. Gunakan lem yang kuat.



Dan jadilah tempat CD/DVD. Lumayan, driver-driver program original dan bajakan tidak lagi tercerai berai.



2 comments:

Teman-teman boleh meninggalkan apapun disini. Sekedar say "hello", komentar, jejak dan lainnya. Terimakasih. (Tapi jangan anonim ya, ntar bingung mao berkunjung kemana)