menubar

Feb 22, 2011

Ternyata Semarang itu Sempit

Semarang memang bukan kota besar jika dibandingkan dengan Jakarta dan Surabaya. Tetapi Semarang ada di urutan ke-7, kota terpadat di Indonesia. Dengan luas 37.360,94 Ha dan jumlah penduduk sekita 1,5 juta jiwa ternyata belum cukup luas untukku.

Beberapa hari yang lalu sempat ngobrol dengan teman lama via YM. Biasalah nanyain kabar tentang absenku di dunia YM. Trus dia nanya dani sekarang kerja dimana. Aku bilang di daerah "bla bla bla" sambil nyeritain juga bidang usahanya. Dia langsung bisa nebak kalau pemilik usaha tempat aku bekerja adalah Bapak "xxx". Eh, kok dia bisa kenal ya? Setelah cerita-cerita, ternyata dia pernah kerja mbantuin benerin software perusahaan ini. Padahal aku tau lowker dari koran dan nggak ada hubungan, sangkut paut dengan temanku itu. Aku bisa masuk tanpa ada koneksi dari dalam atau kenalan dari dalam. Murni dari tes dan seleksi. Semarang itu sempit ya?

Jadi inget kejadian beberapa tahun yang lalu. Begini ceritanya...

Berawal dari iseng-iseng join di yahoo chat room. Aku masih inget kalo gabung di room regional Jogjakarta. Tapi room berapanya udah lupa. Dari room itu, dapet kenalan mahasiswa Undip. Chat for fun, biasalah. Trus dilanjutkan dengan mengkonfirm pertemanan di fesbuk. That's it, hanya teman di dunia maya.

Beberapa bulan kemudian, aku gabung lagi di room Jogjakarta tapi nomor roomnya beda dengan yang terdahulu. Dapetlah kenalan lagi. Dan kali ini juga mahasiswa Undip. Trus temenan gitu deh. Lanjut juga di fesbuk. Saat buka profilku, dia nanya, kok ada 1 friend in common. Aku ceritain kalau dia juga kenalan lewat YM. Ternyata eh ternyata, mereka itu satu kost. Dan masing-masing tidak saling tahu kalau punya teman chatting yang bernama danie. Hahaha...dunia sempit sekali. Dan dengan teman chat yang satu ini lebih dari sekedar teman dunia maya. Sempet maen ke rumah, ke Jogja bareng. Sms-an. Dia juga cerita kalau punya pacar baru, putusin pacarnya, wisuda, dapet kerjaan, udah seperti adek sendiri gitu deh.

Ada satu cerita lagi tentang YM dan Semarang. Salah satu teman di YM friendlist, pertama kenal di room yahoo. Dan ternyata dia tetanggaku duluuuuuuu banget. Keluarga kami saling mengenal satu sama lain. Tetapi aku dan dia tidak saling kenal, karena aku pindah rumah ketika berumur empat tahun.

Ah, Semarang sempit sekali. Mungkin banyak juga teman-teman yang mengalami kejadian seperti yang kualami. Bukan kebetulan, tetapi emang sudah ditakdirkan seperti itu. :-D

2 comments:

  1. baru disemarang tu ya? apalagi dibatam... weleh-weleh...

    ReplyDelete
  2. hehehe....
    kalau batam lebih sempit lagi.
    ternyata ada rantai pertemanan yang nggak disangka. ^_^

    ReplyDelete

Teman-teman boleh meninggalkan apapun disini. Sekedar say "hello", komentar, jejak dan lainnya. Terimakasih. (Tapi jangan anonim ya, ntar bingung mao berkunjung kemana)