menubar

Aug 18, 2014

Kursi Prioritas Bukan Untuk Saya

Sebenarnya mamaknya Fio agak malas kalau harus ke kebun binatang. Tapi demi Fio, berangkatlah kita ke kebun binatang Mangkang. Saya sengaja memilih naik Trans Semarang daripada naik motor. Pasti bakal capek dijalan. Kasian Fio juga kalau harus berpanas-panas ria. Tarifnya  juga murah meriah. Jauh dekat Rp. 3.500 saja .
 
Ada kejadian yang bikin saya “ndomblong” sambil bilang wow dengan Trans Semarang itu. Saya naik dari shelter ADA Majapahit. Wuih, busnya udah lumayan penuh. Wajar sih, libur lebaran pasti banyak yang bepergian. Karena yang saya lihat rata-rata memangku anak-anak dan balita. Oke, saya masih muda. Masih sanggup berdiri, menggendong Fio sambil berpegangan pada tiang. Tapi yang bikin saya bilang “wow” adalah seorang bapak gagah duduk di kursi prioritas cuek saja melihat saya. Beneran, saya berdiri persis di depan bapak itu. Nggak ada tuh niat memberikan kursinya ke saya. Saya sih berpikir positif, mungkin kaki bapak itu sakit yang kita tidak tahu, hanya dia dan Allah yang tahu. Mungkin juga bapak itu nggak bisa baca kursi prioritas untuk siapa saja. Ya sudahlah.
 
Petugas Trans Semarang? Kata kakak saya yang tiap hari naik angkutan umum itu bilang, biasanya petugas ngusir penumpang yang duduk di kursi prioritas agar dipakai oleh yang berhak. Namun waktu itu petugasnya diam saja. Sama cueknya dengan si bapak itu.
 
Sampai di shelter Pemuda, ada seorang ibu-ibu memberikan kursinya pada saya. Jaraknya cukup jauh. Jadi sewaktu ada seseorang di dekatnya hendak duduk di kursi itu, si ibu teriak semangat kalau kursinya untuk saya. Terimakasih ya bu.
 
Saya rasa kejadian seperti itu sudah nggak asing lagi. Berarti kepedulian kita sebagai manusia mungkin sudah berkurang karena ego. Ya sudahlah. Dinikmati saja. Bersyukur karena saya masih sehat, masih kuat, masih sanggup berdiri.



Ada teman yang menyarankan saya agar nge-twit Pak Ganjar biar dia tahu. Ah, tapi saya lebih memilih blog untuk curhat.

No comments:

Post a Comment

Teman-teman boleh meninggalkan apapun disini. Sekedar say "hello", komentar, jejak dan lainnya. Terimakasih. (Tapi jangan anonim ya, ntar bingung mao berkunjung kemana)